Pemerolehan Bahasa pada Anak 4-5 Tahun dengan Stimulasi Games Edukasi

Main Author: Manurung, Rosida Tiurma
Format: Article PeerReviewed Book
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.maranatha.edu/21167/1/2014%20pemerolehan%20bahasa%20pada%20anak%20rosida.pdf
http://repository.maranatha.edu/21167/
ctrlnum 21167
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Pemerolehan Bahasa pada Anak 4-5 Tahun dengan Stimulasi Games Edukasi</title><creator>Manurung, Rosida Tiurma</creator><subject>P Philology. Linguistics</subject><description>Penggunaan stimulasi media yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan minat belajar anak dalam pemerolehan bahasa. Tujuan penulisan makalah ini ialah untuk mengungkapkan peningkatan kemampuan bahasa pada anak dengan stimulus games edukasi. Penulisan makalah ini menggunakan metode pengembangan media pembelajaran dan penelitian tindakan (action research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan indeks kemampuan berbahasa teregister dengan stimulus media games edukasi serta dapat meningkatkan nilai dan karakter kreatif pada anak, khususnya usia 5 tahun. Hal itu terlihat dalam perubahan setiap aksi yang penulis lakukan berdasarkan isi dan tindak tutur anak serta pengukuran indeks kemampuan berbahasa, khususnya ditinjau dari perkembangan sintaksis dan pragmatis. Selain itu, pengembangan media pemerolehan bahasa akan menumbuhkan motivasi, kreativitas, dan karakter positif pada anak. Pengembangan stimulus media pemerolehan bahasa ini dapat dijadikan model untuk peningkatan kemampuan berbahasa pada anak normal. </description><date>2014-07</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://repository.maranatha.edu/21167/1/2014%20pemerolehan%20bahasa%20pada%20anak%20rosida.pdf</identifier><identifier> Manurung, Rosida Tiurma (2014) Pemerolehan Bahasa pada Anak 4-5 Tahun dengan Stimulasi Games Edukasi. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 3 (2). pp. 80-93. ISSN 2338-8528 </identifier><relation>http://repository.maranatha.edu/21167/</relation><recordID>21167</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Manurung, Rosida Tiurma
title Pemerolehan Bahasa pada Anak 4-5 Tahun dengan Stimulasi Games Edukasi
publishDate 2014
topic P Philology. Linguistics
url http://repository.maranatha.edu/21167/1/2014%20pemerolehan%20bahasa%20pada%20anak%20rosida.pdf
http://repository.maranatha.edu/21167/
contents Penggunaan stimulasi media yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan minat belajar anak dalam pemerolehan bahasa. Tujuan penulisan makalah ini ialah untuk mengungkapkan peningkatan kemampuan bahasa pada anak dengan stimulus games edukasi. Penulisan makalah ini menggunakan metode pengembangan media pembelajaran dan penelitian tindakan (action research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan indeks kemampuan berbahasa teregister dengan stimulus media games edukasi serta dapat meningkatkan nilai dan karakter kreatif pada anak, khususnya usia 5 tahun. Hal itu terlihat dalam perubahan setiap aksi yang penulis lakukan berdasarkan isi dan tindak tutur anak serta pengukuran indeks kemampuan berbahasa, khususnya ditinjau dari perkembangan sintaksis dan pragmatis. Selain itu, pengembangan media pemerolehan bahasa akan menumbuhkan motivasi, kreativitas, dan karakter positif pada anak. Pengembangan stimulus media pemerolehan bahasa ini dapat dijadikan model untuk peningkatan kemampuan berbahasa pada anak normal.
id IOS3452.21167
institution Universitas Kristen Maranatha
institution_id 45
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Kristen Maranatha
library_id 530
collection Maranatha Repository System
repository_id 3452
subject_area Ekonomi
Kesehatan dan Kedokteran
Program Komputer dan Teknologi Informasi
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3452
first_indexed 2017-02-25T19:00:21Z
last_indexed 2017-02-25T19:00:21Z
recordtype dc
_version_ 1764511551998394368
score 17.538404