Semiotic Analysis of Female Objectification on Two Fragrance Advertisements of Fan Di Fendi And Versace
Daftar Isi:
- Dalam skripsi ini, saya menganalisis dua buah gambar iklan produk parfum, yaitu Fan di Fendidan Versace menggunakan teoriSemiotik (IlmuTanda).Topik ini bermanfaat karena dapat membantu masyarakat untuk mengerti pesan dalam sebuah iklan. Dalam menganalisis iklan ini saya menggunakan dua buah teori Semiotik untuk mendukung analisis saya, yaitu teori Semiotik karya Ferdinand de Saussure mengenai signifier dan signified dan teori Mitos dari Roland Barthes mengenai first order dan second order. Saya juga menggunakan teori pendukung yaitu teori Objektifikasi Perempuan. Berdasarkan hasil analisis iklan tersebut, saya menemukan elemen semiotik yang sama yaitu, parfum yang diperuntukkan kalangan atas. Saya juga menemukan mitos yang sama dalam iklan tersebut, yaitu objektifikasi perempuan yang dilakukan oleh pria maupun oleh wanita sendiri. Melalui skripsi ini, saya berharap masyarakat tidak lagi memandang iklan hanya sebagai media promosi serta melihat iklan secara kasat mata saja, tetapi menyadari dan memahami pesan tersembunyi yang ada di dalam iklan tersebut.