Daftar Isi:
  • Dalam tugas akhir ini, saya menganalisis code switching (alih kode) yang dilakukan oleh dosen di dalam kelas Reading. Dosen tersebut melakukan alih kode pada saat menerangkan materi yang sedang diajarkan di dalam kelas. Alih kode yang dilakukan oleh dosen mempunyai beberapa tujuan tertentu dan mempunyai dampak terhadap mahasiswa yang berada di dalam kelas untuk dapat memahami materi yang sedang di terangkan. Sumber data yang saya ambil dalam tugas akhir saya adalah kalimat atau penjelasan dosen pada saat sedang melakukan kegiatan belajar-mengajar. Setelah saya melakukan observasi, saya melakukan analisis dengan menggunakan teori alih kode yang dikemukakan oleh Liu Aichun. Teori Liu Aichun menyebutkan lima fungsi, yaitu owing to teacher’s linguistic competence and insecurity (keterbatasan kemampuan berbahasa pengajar dan adanya rasa tidak percaya diri), for ease of expression (mempermudah penjelasan), for translation of new and unfamiliar words and expressions (menerjemahkan kata kata baru dan ungkapan ungkapan baru), repetitive functions (pengulangan), dan yang terakhir socializing functions (meningkatkan sosialisasi antara pengajar dan murid/mahasiswa). Setelah melakukan penelitian dan analisis, hasil yang saya dapatkan adalah beberapa fungsi code switching yang paling sering digunakan oleh dosen tersebut adalah repetitive functions dan socializing functions.