Daftar Isi:
  • Dalam menghadapi era globalisasi yang semakin pesat, persaingan antar perusahaan juga semakin ketat. Keadaan seperti ini membuat perusahaan terus melakukan perbaikan terutama dalam mengefisienkan biaya–biaya produksi dalam perusahaan, begitu juga dengan Pabrik Tahu NJ Food. NJ FOOD adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang pembuatan tahu. Permintaan tahu terutama tahu pukis kecil menggunakan sistem pesanan. Dimana ketika konsumen pesan, baru pabrik buat sementara permintaan konsumen berfluktuatif. Tujuan dari penulisan, mencari alternatif metode mana yang sesuai di perusahaan dengan menerapkan perencanaan agregat. Dalam penulisan ini ada beberapa metode strategi yang digunakan, yaitu Level Strategy, Chase Strategy dan Mixed Stategy. Dari perhitungan akhir hasil Total Cost kebijakan perusahaan Rp. 213,000,000, Level Strategy Rp. 213,000,000, Chase Strategy Rp. 209,700,000 dan Mixed Strategy Rp. 544,226,000. Dilihat dari hasil perbandingan Total Cost maka hasil yang lebih baik adalah Chase Strategy, sehingga apabila dibandingkan dengan kebijakan perusahaan akan diperoleh efisiensi biaya sebesar Rp. 3,300,000.