Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk menguji dan menganalisis pengaruh karakteristik motivasi berdasarkan berbagai faktor elemen sensitivitas harga, sensitivitas promosi, sensitivitas layanan, kenikmatan belanja, inovasi, dan sensitivitas merek pada store brand portfolios (generic vs standar vs premium) di Yoyga Junction, Griya / Toserba, dan Yomart. Berdasarkan tujuan penelitian maka jenis penelitian digunakan adalah metode analisis descriptive yang berarti mencoba memperoleh deskripsi yang lengkap dan akurat dari sebuah situasi yang akan diteliti. Peneliti juga mencoba untuk mengungkapkan hasil secara sistematis dan akurat. Penelitian ini menggunakan metode multinomial logistik untuk mendapatkan hasil yang signifkan dari perbedaan karakteristik berbagai elemen-elemen faktor penyebab bahwa konsumen lebih tertarik berkunjung ke satu tempat berbelanja tersebut. Dan kategori untuk variabel independen adalah karakteristik motivasi shopper sedangkan variabel dependen adalah brand portfolios spesifikasi kategori sering kemana konsumen berkunjung ke tempat berbelanja (Yogya Junction (Premium), Griya / Toserba (Standar), dan Yomart (Generic). Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh karakteristik motivasi shopper pada store brand portfolios. Seharusnya dalam penerapan hipotesis tidak hanya faktor- faktor sensitivitas harga, sensitivitas promosi, sensitivitas layanan, kenikmatan belanja, inovasi dan sensitivitas merek saja yang di uji. Dengan menambahkan beberapa variabel lain dalam pengujian penelitian ini, misalnya mengenai faktor elemen store atmosphere dan visual merchandising yang bisa ditambahkan dalam pengembangan uji hipotesisnya.