Analisis dan Usulan Strategi untuk Meningkatkan Penjualan Supermarket (Studi Kasus: Supermarket "X"-Taman Kopo Indah II)

Main Authors: Hermawan, Melina, Andriliani, Andriliani
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.maranatha.edu/20788/1/7.Analisis%20dan%20Usulan%20Strategi%20Penjualan%20Supermarket.pdf
http://repository.maranatha.edu/20788/
Daftar Isi:
  • Supermarket "X" didirikan pada 5 April 2006 dan berlokasi di Perumahan Taman Kopo Indah II B1 No. 1 Bandung. Tahun 2012, Supermarket "X" mengalami penurunan penjualan 5-6% dibandingkan tahun 2011. Penelitian bertujuan mengidentifikasi faktor yang dianggap penting oleh konsumen dalam memilih supermarket "X", mengetahui tingkat kepentingan dan kinerja Supermarket "X" TKI II, tingkat kepuasan konsumen Supermarket "X", mengetahui kekurangan dan kelebihan Supermarket "X" dibandingkan pesaingnya, menentukan Segmentation, Targeting dan Positioning (STP) Supermarket "X", dan memberikan usulan perbaikan Supermarket "X". Variabel penelitian dikembangkan berdasarkan bauran pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence). Pengolahan data menggunakan IPA (Important Performance Analysis), Correspondence Analysis (CA) dan Uji Hipotesis Ketidakpuasan. Hasil pengolahan rata-rata kepentingan 3,456 dan rata-rata kinerja 3,131, supermarket "X" unggul 29 variable, 10 variabel tertinggal dan 13 variabel bersaing dengan 35 variabel tidak memuaskan, 17 variabel memuaskan. Target pasar Supermarket "X" TKI II konsumen tinggal di daerah TKI berpenghasilan per bulan Rp 700.000,- -Rp 6.000.000,-. Positioning Supermarket "X" Supermarket dengan jasa delivery daerah TKI. Beberapa usulan perbaikan menyediakan jasa delivery, mengadakan promo khusus pk. 10.00-pk.18.00, melengkapi keanekaragaman jenis dan ukuran produk terutama produk rumah tangga, menata area berbelanja agar konsumen leluasa bergerak.