Daftar Isi:
  • Seni dan budaya dewasa ini banyak mengalami pergeseran seiring dengan berkembangnya era globalisasi. Dewasa ini kebudayaan Indonesia tidak hanya berkembang dari dalam negeri saja namun juga mendapat pengaruh yang berasal dari luar negeri, baik yang positif maupun negatif. Seperti halnya saat ini bahasa daerah makin jarang digunakan dan kurang diminati oleh generasi muda. Salah satu grup musik yang menanggapi fenomena ini yaitu grup musik Sundanis. Sundanis mempunyai visi dan misi untuk melestarikan Bahasa Sunda agar tidak punah dan ditinggalkan oleh generasi muda Kota Bandung melalui pendekatan musik. Musik yang dihadirkan oleh grup musik Sundanis adalah hip hop yang cukup digemari oleh kalangan muda di Kota Bandung. Sayangnya, Sundanis belum memiliki identitas visual yang kuat untuk dapat lebih dikenal oleh masyarakat di Kota Bandung. Oleh karena itu, metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah melalui metode kuantitatif untuk mendapatkan data lapangan melalui kuesioner dan studi literatur untuk dapat merancang visualisasi logo, memperkenalkan produk (album baru) Sundanis melalui media komunikasi visual yang tepat dan sesuai dengan target audience. Perancangan membentuk sebuah identitas visual yang baru bagi grup musik Sundanis dilakukan supaya dapat lebih dikenal oleh masyarakat di Kota Bandung sebagai salah satu grup musik yang mampu melestarikan Bahasa Sunda.