Daftar Isi:
  • Kegiatan donor organ tubuh sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut disebabkan banyaknya orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu dan membutuhkan donor untuk kesembuhannya. Banyak bagian dari tubuh manusia yang dapat didonor seperti yang paling sederhana yaitu darah maupun yang rumit seperti ginjal, paru-paru, dan hati Dengan banyaknya permintaan dan sedikit nya orang yang mau mendonorkan organnya, maka organ manusia menjadi sesuatu yang sangat berharga. Hal tersebut mendorong terjadinya donor organ tubuh secara ilegal sehingga muncul kasus jual-beli organ manusia. Penjualan organ tubuh manusia terjadi pada masyarakat ekonomi lemah. Mereka tergiur dengan harga organ tubuh yang relatif tinggi. Donor organ tubuh yang dilakukan secara ilegal memiliki resiko yang sangat membahayakan pendonor. Oleh karena itu, dibuat strategi kampanye yang bertujuan untuk mengurangi kasus donor organ ilegal. Konsep komunikasi yang dipakai dalam startegi kampanye ini membujuk secara halus masyarakat untuk lebih mencintai organ tubuh mereka daripada uang. Serta tidak mendonorkan organ tubuh secara ilegal. Konsep komunikasi dibagi dalam tiga tahap yaitu : awareness, informing, dan remainding dengan visualisasi gambaran masyarakat menengah kebawah yang memberikan testimony untuk menghindari pendonoran organ secara ilegal.