Daftar Isi:
  • Indonesia termasuk ke dalam 5 negara dengan jumlah penduduk lanjut usia tertinggi. Jumlah ini pun akan terus bertambah, dan diperkirakan pada tahun 2020 penduduk lansia Indonesia akan mencapai 28,8 juta jiwa. Hal tersebut dapat memberikan banyak benefit apabila penduduk lansia tersebut tetap sehat, oleh sebab itu perlu dilakukan upaya preventif untuk menjaga kesehatan lansia. Dalam hal ini diperlukan dukungan dari pihak keluarga, khususnya generasi orang tua (35-50 tahun), yang tinggal bersama lansia untuk memperhatikan kondisi fisik lansia. Oleh sebab itu dilakukan sebuah kampanye perawatan lansia dengan tujuan memberi informasi kepada generasi orang tua tentang perawatan lansia dengan standar kesehatan. Manfaat dari perancangan ini adalah lansia dapat hidup dengan sehat dan bugar, terhindar dari penyakit yang dapat dicegah sebelum terjadi. Metode kampanye yang digunakan adalah awareness, informing, dan reminding. Media utama dalam kampanye ini adalah iklan layanan masyarakat yang akan disebarkan melalui televisi dan media sosial, didukung oleh print ad, katalog berserta gimmick dalam penyebarannya di daerah Jawa Barat. Melalui kampanye ini diharapkan generasi orang tua bisa memperoleh informasi mengenai perawatan lansia dengan standar kesehatan.