Perancangan Kampanye Pengenalan Diri Mengenai Tindakan Bullying terhadap Orangtua dari Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Bandung
Daftar Isi:
- Bullying merupakan suatu perilaku yang dilakukan dari satu pihak ke pihak lain yang menimbulkan perasaan terganggu, tidak nyaman, dan terintimidasi. Sangat disayangkan, sebagian besar masyarakat di Indonesia belum menganggap bullying sebagai masalah yang serius. Seiring dengan pertumbuhan teknologi dan faktor lainnya membuat anak semakin rentan terhadap bullying. Orang tua yang semakin sibuk dapat menciptakan komunikasi antara anak dengan orang yang kurang baik sehingga menyebabkan perkembangan emosi dan sosial anak yang kurang baik. Maka dari itu, tujuan perancangan kampanye ini adalah untuk menyadarkan orang tua betapa besarnya peran mereka dalam mencegah dan mengurangi tindakan bullying pada anak. Manfaat perancangan ini adalah agar orang tua dapat mendampingi anak yang terlibat dalam tindakan bullying dengan langkah-langkah yang tepat. Pendekatan yang digunakan ialah dengan membuat kampanye sosial dengan media berupa media cetak dan media elektronik. Melalui perancangan kampanye sosial ini, orang tua sebagai target audiens dapat mulai melakukan tindakan pencegahan bullying pada anak.