Academic Buoyancy, Protective Factors dan Kecenderungan Stres pada Mahasiswa Psikologi yang Menggunakan Kurikulum KKNI di Universitas "X" Bandung

Main Authors: Analya, Priska, Yan, Ka
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.maranatha.edu/20479/1/2015%20konferensi%20nasional%20priska%20%26%20ka%20yan.pdf
http://repository.maranatha.edu/20479/
Daftar Isi:
  • Academic buoyancy didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk dapat berhasil menghadapi penurunan akademis dan tantangan sehari-hari dalam kehidupan sekolah seperti nilai yang buruk, mengejar deadline, tekanan ketika menghadapi ujian dan tugas-tugas sekolah yang sulit (Martin and Marsh, 2010). Sistem pembelajaran KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang menekankan pada keaktifan siswa, jam belajar yang panjang, serta cara belajar dan mengajar yang berbeda merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh mahasiswa Fakultas Psikologi di Universitas "X" Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan melibatkan 155 orang sebagai sampel.