Daftar Isi:
  • Persaingan untuk mendapatkan pelanggan yang loyal membuat retail berusaha untuk memberikan layanan belanja yang memuaskan. Pelanggan berharap retail mampu memberikan pengalaman yang positif bagi mereka sehingga secara langsung membangun loyalitas atau menumbuhkan kepercayaan bagi perusahaan. Retail Marketing Mix mampu mendorong konsumen untuk loyal. Tujuan peneitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh dimensi retail marketing mix (Lokasi, Merchandise, Harga, Periklanan dan Promosi, Tata Letak, Personalia) terhadap Loyalitas Konsumen. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei, dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data.Sampel dalam penelitian ini adalah metode non probability sampling, dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 200 konsumen dijadikan sampel. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh secara simultan dimensi retail marketing mix terhadap Loyalitas Konsumen. Uji secara parsial hanya tiga yang berpengaruh yaitu harga, tata letak, dan personalia terhadap Loyalitas konsumen.