Daftar Isi:
  • Seiring dengan perkembangan era globalisasi, maka keinginan dan kebutuhan manusia pun turut berkembang seakan tidak terbatas. Hal ini berdampak terhadap penciptaan produk dan jasa yang semakin bervariasi serta peningkatan persaingan antar toko. Oleh karena itu, toko harus mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan yang terjadi dari segala segi. Salah satu segi yang terpenting bagi kelangsungan hidup suatu toko adalah dengan penetapan harga yang sesuai agar dapat diterima oleh konsumen, sehingga dengan penetapan harga tersebut dapat menarik keputusan pembelian konsumen. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan penetapan harga, bagaimana keputusan pembelian konsumen terhadap penetapan harga di toko, dan bagaimana pengaruh dimensi penetapan harga terhadap dimensi keputusan pembelian konsumen. Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui pengaruh dimensi penetapan harga terhadap dimensi keputusan pembelian konsumen di Toko Rumah Sepree Pasar Baru Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 100 responden yang membeli di Toko Rumah Sepree. Karakteristik individu yang digunakan adalah karakteristik individu yang mudah diamati seperti jenis kelamin, usia, pekerjaan saat ini, frekuensi, dan pendapatan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis validitas, reliabilitas, dan regresi sederhana dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei. Harga dari produk sangat mempengaruhi konsumen. Hal ini dikarenakan konsumen selektif dan peka terhadap pemilihan produk dan harga dari barang yang akan dibelinya. Dalam penelitian ini penulis melakukan uji regresi sederhana dimensi penetapan harga terhadap dimensi keputusan pembelian konsumen. Hasil yang diperoleh untuk dimensi penetapan harga dan keputusan pembelian konsumen adalah 0,823 dengan á = ,05, yang artinya H1 ditolak karena á > 0,05. Dilihat dari á yang > 0,05, maka hi potesi s akan ditolak, yang berarti tidak adanya hubungan antara dimensi penetapan harga yang mempengaruhi dimensi keputusan pembelian konsumen. Dengan demikian, ternyata dimensi keputusan pembelian konsumen di Toko Rumah Sepree tidak dipengaruhi oleh dimensi penetapan harga yang dilakukan oleh pemilik toko seprei tersebut. Oleh karena itu, Toko Rumah Sepree harus memperbaiki dimensi yang tidak mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.