Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen pada Siete Café Bandung
Daftar Isi:
- Kondisi persaingan bisnis menuntut setiap perusahan harus bisa memanfaatkan segala peluang dan tantangan bisnis, terutama dalam bidang ritel. Bisnis ritel modern di Indonesia saat ini semakin ketat, menuntut setiap perusahaan untuk lebih peduli dengan strategi pemasaran yang efektif, yang berorientasi kepada konsumen sehingga dapat mempengaruhi minat beli. Store atmosphere merupakan salah satu strategi pemasaran yang efektif dalam menarik minat beli konsumen untuk datang dan melakukan pembelian yang berokus pada suasana toko. Terdapat 4 elemen dalam store atmosphere yaitu exterior, general interior, store layout, dan interior display yang harus diperhatikan para peritel agar sukses menarik minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis seberapa besar pengaruh store atmosphere terhadap minat beli dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Metode penelitian yang digunakan adalah non probability sampling. Uji yang dipakai dalam penelitian ini memakai uji validitas yang dilakukan dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA) menggunakan software SPSS 20,0, semua instrumen dinyatakan valid karena CFA lebih besar sama dengan 0.40 dan uji reliabilitas yang diukur dengan item to total correlation and Cronbach’s Alpha terlebih dahulu dan semua instumen reliable. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh atmosphere terhadap minat beli Siete Café sebesar 10,4%