Daftar Isi:
  • Dewasa ini sub sektor hotel, restoran, dan pariwisata mengalami pertumbuhan yang begitu pesat. Meningkatnya pertumbuhan sub sektor ini menarik para investor untuk berinvestasi sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan jangka panjangnya. Tujuan jangka panjang perusahaan adalah meningkatkan kemakmuran pemegang saham melalui peningkatan nilai perusahaan. Oleh karena itu penulis ingin meneliti pengaruh struktur modal, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini struktur modal, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel independen, dan nilai perusahaan sebagai variabel dependen. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel pada perusahaan sub sektor hotel, restoran dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 18 perusahaan pada periode 2010 – 2014, yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan secara simultan, struktur modal, profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial, struktur modal dan pertumbuhan perusahaaan tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan.