Pengaruh Tarif Harga Kamar Terhadap Keputusan Menginap Konsumen Di Hotel Utari, Bandung
Daftar Isi:
- Perkembangan industri perhotelan sangat dibutuhkan karena kebutuhan akan jasa akomodasi sangat besar yang harus dikelola dengan sebaik mungkin. Dalam perkembangan dunia perhotelan di kota bandung, Hotel utari menerapkan suatu strategi penetapan tarif/harga kamar agar dapat meningkatkan keputusan menginap konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penetapan tarif/harga kamar terhadap keputusan menginap konsumen dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Teori-teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini diambil dari buku-buku pendukung, majalah, ataupun surat kabar. Teori-teori tersebut akan dibahas dalam suatu tinjauan pustaka yang mencakup semua bahan yang berhubungan dengan penelitian. Seperti penetapan harga sampai dengan keputusan menginap konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan survey. Variabel yang diteliti adalah tarif/harga kamar sebagai variabel independent (variable X), dan keputusan menginap sebagai variabel dependent (variable Y). Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 120 orang responden yang menginap di Hotel Utari Bandung. Dan data sekunder dilakukan dengan cara membaca buku, tulisan ilmiah lainnya. Tehnik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik yang meliputi analisis Korelasi Product Moment (Pearson), Koefisien Determinasi, dan Regresi. Dari hasil perhitungan statistik diketahui terdapat hubungan yang positif antara tarif/harga kamar dengan keputusan menginap konsumen, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,697. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 48,6%. Adanya beberapa kekurangan kesesuaian harga dengan pelayanan dan fasilitas atau yang lainnya yang diberikan mengharuskan perusahaan untuk dapat membuat perbaikan-perbaikan di masa yang akan datang. Pengujian hipotesis menghasilkan kesimpulan bahwa “ Terdapat Pengaruh Yang Positif antara Tarif/Harga Kamar Terhadap Keputusan Menginap Konsumen Di Hotel Utari, Bandung “.