Daftar Isi:
  • Kendaraan bermotor roda dua merek Honda yang dijual oleh Sanjaya Motor selama ini cukup diminati oleh masyarakat. Hal ini terbukti dengan meningkatnya angka penjualan setiap tahun dengan tingkat kenaikan yang cukup signifikan. Kenaikan volume penjualan setiap tahunnya disebabkan oleh beberapa faktor internal perusahaan seperti promosi penjualan yang tepat sasaran dan pelayanan pada saat penjualan maupun pelayanan purna jual yang baik. Dalam penelitian ini digunakan perhitungan statistik Koefisien Korelasi dan Determinasi dengan menggunakan Rank Spearman untuk pembahasan data dimana variabel X (independent variable) menunjukan kegiatan promosi penjualan, dan variabel y (dependent variable) menunjukan volume penjualan. Dari hasil pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh promosi penjualan dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada Sanjaya Motor cukup kuat / cukup besar, ini terlihat dengan perhitungan rs sebesar 0,82. Selain itu diketahui pula kebijakan promosi penjualan mempengaruhi volume penjualan sebesar 67,24% dan sisanya 32,76% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain kebijakan promosi penjualan perusahaan. Selain dari hasil perhitungan statistik di atas, dapat diketahui kebijakan promosi penjualan yang dilakukan oleh Sanjaya Motor dalam upaya meningkatkan volume penjualan cukup berpengaruh, hal ini dapat dilihat dari hasil penghitungan matematis data penjualan kendaraan bermotor roda dua dari tahun 2003 sampai dengan 2005 yang diperoleh dari data perusahaan. Dimana hasil penjualan Motor Honda dari tahun 2003 sampai dengan 2005 mengalami kenaikan sebesar 317 unit (13,55%) pada tahun 2004 dan 664 unit (24,99%) pada tahun 2005.