Daftar Isi:
  • Perusahaan harus membangun kekuatan merek produk, yakni melalui ekuitas merek yang kuat dan menguntungkan. Ekuitas merek dipengaruhi oleh citra merek. Sasaran penelitian ini adalah menguji pengaruh citra merek pada ekuitas merek produk Coca Cola. Penelitian ini dilakukan di Bandung dengan menggunakan 120 responden yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk minuman ringan merek Coca Cola. Sedangkan karakteristik responden yang digunakan adalah usia, jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan pendapatan. Metode analisis menggunakan adalah metode statistik regresi sederhana dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 12.00. Selain itu, instrumen penelitian diadopsi dari Rajh (2005). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, simpulan akhir yang dapat diambil adalah citra merek memberikan pengaruh pada ekuitas merek produk Coca Cola yang termasuk produk low involvement. Pengaruh citra merek pada ekuitas merek produk Coca Cola adalah sebesar 69.8% sedangkan sisanya sebesar 30.2% dipengaruhi oleh faktor lain selain citra merek.