Pengaruh Media Sosial terhadap Purchase Decision Melalui Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Starbucks di Bandung)
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi mendorong perusahaan untuk menampilkan iklan secara digital atau online. Oleh sebab itu, banyak perusahaan saat ini menggunakan media sosial untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan, memberikan informasi produk, maupun merespon atas keluhan pelanggan. Penelitian ini menguji dan menganalisis mengenai pengaruh media sosial pada purchase decision melalui brand awareness sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Starbucks Coffee Paris Van Java Mall Bandung, dengan menggunakan jumlah sampel sebesar 250 responden. Teknik pengambilan data yaitu dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 17 pernyataan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan program SPSS 21.0. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa (1) media sosial berpengaruh positif terhadap purchase decision; (2) brand awareness berpengaruh positif terhadap purchase decision; (3) media sosial berpengaruh positif terhadap brand awareness; dan (4) media sosial berpengaruh positif terhadap purchase decision melalui brand awareness sebagai variabel mediasi. Selanjutnya, pada penelitian ini juga ditemukan hasil bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel Media Sosial melalui Brand Awareness sebagai variabel mediasi terhadap Purchase Decision sebesar 2.8% dan sisanya 97.2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.