Daftar Isi:
  • Taman kanak-kanak merupakan sebuah tempat pembelajaran dengan peran aktif dari guru untuk memberikan pelajaran harus disertai rasa nyaman dan senang, dengan begitu proses belajar yang baik tidak terlepas dari belajar sehingga anak-anak dengan bersemangat dan senang untuk belajar di dalam kelas. Kelas dan ruang untuk anak-anak, harus ada fasilitas yang meliputi furniture dan area sirkulasi yang ideal yang menunjang kegiatan belajar. Kegiatan belajar mengajar dilakukan dalam berbagai cara, seperti tanya jawab, diskusi aktif, melakukan eksperimen sederhana, kunjungan lapangan dan presentasi. Taman kanak-kanak yang tidak memadai dalam memfasilitasi kegiatan satuan anak-anak akan menghambat daya kembang kreativitas mereka, termasuk furniture di dalamnya. Dalam penelitian ini, akan membahas mengenai penerapan standarisasi furniture ditinjau dari antropometrik anak, tata ruang dan desain furniture untuk aktifitas serta kebutuhan “bermain sambil belajar” dalam ruang kelas.