Metamorphic Cityscape Perancangan Busana Siap Pakai untuk Wanita Urban dengan Inspirasi Lanskap Gedung Kota Bandung
Daftar Isi:
- Metamorphic Cityscape, terinspirasi dari perkembangan kota yang mengakibatkan bangunan gedung-gedung memadati dan menghiasi setiap sudut kota. Kota Bandung menjadi objek inspirasi untuk tema koleksi busana ini. Penulis menjadikan metamorfosa lanskap gedung di kota Bandung sebagai tema yang digunakan pada koleksi busana ini. Penulis menggunakan ilustrasi lanskap kota Bandung yang digambar dengan teknik doodling sebagai motif yang menjadi elemen dekoratif yang diterapkan pada busana-busana dalam koleksi. Koleksi busana ini menggunakan beraneka rupa warna seperti broken white, merah, krem, pink, kuning, jingga, hijau, tosca, biru, coklat, hitam, abu-abu, peach dan ungu. Ilustrasi doodling landscape gedung digunakan pada busana untuk menghasilkan kesan fun, agar dapat diterapkan dalam tiap aspek busana baik siluet, warna dan material yang dituangkan dalam desain yang modern. Sehingga kombinasi dari beberapa penjelasan tersebut memberikan keseimbangan terhadap busana, yaitu memberikan karakter fun, quirky dan chic. Koleksi ini didasari dari tema besar tren buku “Trend Forecasting 2016-2017” tema Bio Pop sub tema Toon-Lab dan tema Refugium sub tema Artistry. Dua tema besar tersebut mengangkat suatu proses dan riset yang memiliki tujuan yang sama karena dampak dari keadaan lingkungan yang berkembang semakin modern. Hal ini dituangkan dalam gambar doodling yang diterapkan pada busana dengan digital printing. Busana ini menggunakan kain katun dengan teknik reka bahan yaitu digital printing dan tucking. Secara garis besar koleksi busana ini bergaya fun, quirky dan chic. Target market yang dituju untuk wanita dengan kalangan menengah atas dengan kisaran umur 20-27 tahun dengan karakter free, easy lifestyle, enjoying dan simple. Koleksi ini ingin melahirkan gaya simple dan modern. Koleksi busana ini dapat digunakan untuk busana formal dan non formal. Merupakan busana indoor dan outdoor yang ditunjukan untuk konsumen yang tinggal di perkotaan.