Peranan Saluran Distribusi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT."X"
Daftar Isi:
- Dalam menghadapi kondisi perekonomian Indonesia saat ini yang tidak stabil, dan karena dampak dari adanya kebijakan pemerintah dalam menaikkan harga bahan bakar minyak yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian, sehingga perusahaan harus dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan meningkatkan kemampuan bersaingnya. Saluran distribusi merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan agar memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk pada tempat dan waktu yang tepat. Saluran distribusi sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan dan peningkatan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui bagaimana pengaruh saluran distribusi dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Maka dari itu penulis telah melakukan studi maupun penelitian lapangan dengan melakukan observasi langsung ke tempat objek penelitian di salah satu perusahaan tekstil di Bandung. PT.”X” yang berlokasi di Majalaya, Bandung, Jawa barat merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang tekstil. PT.”X” berusaha memenuhi kebutuhan akan kain dengan melakukan penjualan produk kain tersebut dengan menggunakan jasa perantara maupun penjualan langsung kepada konsumen agar produk dapat sampai kepada konsumen akhir. Metode analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah analisis regresi, analisis korelasi Pearson, dan analisis nilai Determinasi. Analisis ini digunakan untuk mengetahui seberapa kuat atau besarnya pengaruh antara biaya saluran distribusi (independent variable) dengan volume penjualan (Dependent variable). Berdasarkan data-data perusahaan yang telah diolah, maka didapat persamaan regresi Y = 97,96 + 7,98X. ini berarti bahwa setiap perubahan 1 unit variable independent X (biaya saluran distribusi) akan diikuti dengan perubahan variable dependent Y (volume penjualan) sebesar 7,98 (dalam jutaan rupiah), sedangkan hasil perhitungan koefisien korelasi (r) didapat nilai sebesar 0,837312272. Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara biaya saluran distribusi dengan volume penjualan adalah positif dan kuat, sedangkan koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 70,1 %, yang berarti bahwa saluran distribusi mempunyai peranan dalam meningkatkan volume penjualan sebesar 70,1 %, sisanya 29,9 % dipengaruhi oleh faktor lain, uji signifikan yang didapat dengan t hitung 13,14 dan t tabel 2,074. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa efektifitas biaya-biaya saluran distribusi dapat meningkatkan volume penjualan produk tekstil pada PT.”X”, sehingga hal ini harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan untuk kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang.