Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pengaruh parent involvement terhadap academic achievement melalui school engagement. Desain penelitian adalah causal inferences. Data dikumpulkan melalui kuesioner pada seluruh siswa kelas 4 – 6 SD “X” dan “Y” yang berjumlah 350 orang. Alat ukur parent involvement disusun oleh peneliti bersama Savitri berdasarkan teori Grolnick & Slowiaczek (1994). Alat ukur school engagement disusun oleh peneliti bersama Savitri berdasarkan teori Fredericks, Blumenfeld, & Paris (2004). Pengukuran academic achievement diperoleh berdasarkan nilai ratarata harian melalui quiz, worksheet, homework, dan performance assessment pada delapan mata pelajaran. Pengujian alat ukur menggunakan uji statistik Confirmatory Factor Analysis (CFA), sedangkan analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program Lisrel. Hasil penelitian membuktikan bahwa parent involvement secara langsung memengaruhi academic achievement siswa secara signifikan dengan arah negatif. Sedangkan parent involvement secara tidak langsung melalui school engagement memengaruhi academic achievement siswa secara signifikan dengan arah positif. Diajukan saran teoretis untuk pengembangan penelitian selanjutnya maupun saran praktis untuk kepala sekolah dan orang tua siswa kelas 4 – 6 SD “X” dan “Y”.