Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial di sekolah pada siswa secondary school di Sekolah Internasional X Bandung. Responden merupakan seluruh populasi siswa secondary school di Sekolah Internasional X Bandung sebanyak 60 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian korelasional. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner kecerdasan emosional yang disusun berdasarkan teori Salovey & Mayer (1997) oleh Ellen Theresia, M.Psi, psikolog dan Ira Adelina, M.Psi, psikolog (2015) dan kuesioner penyesuaian sosial di sekolah yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori dari Schneiders (1964). Kuesioner kecerdasan emosional terdiri dari 58 item dengan rentang validitas antara -0.190 – 0.606 dan reliabilitas 0.651. Alat ukur penyesuaian sosial di sekolah terdiri dari 40 item dengan rentang validitas antara 0.115 – 0.658 dan reliabilitas 0.873. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach. Berdasarkan pada pengolahan data statistik terhadap data yang diperoleh, didapatkan koefisien korelasi untuk kecerdasan emosional dan penyesuaian sosial adalah rs = 0.533. Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial di sekolah. Peneliti menyarankan agar dilakukan penelitian kontribusi kecerdasan emosional per-branch terhadap penyesuaian sosial di sekolah.