Peranan Saluran Distribusi Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Kertas Pada PT.Papyrus Sakti Paper Mill Di Bandung
Daftar Isi:
- Di dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan kebutuhan konsumen yang semakin kompleks, maka perusahaan-perusahaan di Indonesia harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh dalam menghadapi tantangan agar tetap dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Tujuan perusahaan melaksanakan saluran distribusi adalah sebagai salah satu sarana untuk memindahkan produk dari perusahaan kepada konsumen yang terdiri dari berbagai rangkaian perantara. Hal ini merupakan suatu masalah bagi perusahaan dalam melakukan proses pemilikan saluran distribusi, yaitu dengan melakukan sendiri atau diserahkan kepada perantara. Di dalam melaksanakan kegiatan saluran distribusinya, perusahaan mempunyai beberapa tujuan, yaitu untuk menghadapi persaingan, untuk meningkatkan penjualan, untuk menampung informasi dari pasar, untuk mengurangi biaya distribusi, dan untuk mencapai target perusahaan.Dalam melaksanakan saluran distribusinya, perusahaan juga mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan saluran distribusi, seperti pertimbangan pasar, pertimbangan produk, pertimbangan perantara, dan pertimbangan perusahaan. Selain itu, usaha untuk melaksanakan saluran distribllsinya, sebuah perusahaan juga harus memperhatikan faktor - faktor keputusan mengenai manajemen saluran distribusi yang meliputi: memilih anggota saluran pemasaran, memotivasi anggota saluran pemasaran, dan mengevaluasi anggota saluran pemasaran. Penulis melakukan penelitian pada perusahaan PT Papyrus Sakti Paper Mill yang berlokasi di raya Banjaran km 16,2 ,Kabupaten Bandung, PT Papyrus Sakti Paper Mill ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi. Metode analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah analisis korelasi Rank Spearman dan koefisien determinasi yang digunakan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruhnya antara varabel bebas yaitu saluran distribusi dengan variabel terikat yaitu hasil penjualan Prosedur pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil perhitungan dari tanggapan para responden dengan menggunakan rumus koefisien korelasi rank spearman, terlihat bahwa hubungan antara saluran distribusi terhadap hasil penjualan produk kertas pada PT Papyrus Sakti Paper Mill adalah erat atau kuat dan positif dengan nilai sebesar 0,793. Dan hasil perhitungan dengan menggunakan koefisien determinasi didapat nilai 62,88 % berarti saluran distribusi mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap hasil penjualan sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian maka dapat dinyatakan bahwa saluran distribusi mempunyai peranan yang cukup besar dalam meningkatkan hasil penjualan produk kertas pada PT Papyrus Sakti Paper Mill, sehingga hal ini harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan oleh PT Papyrus Sakti Paper Mill untuk kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang.