Daftar Isi:
  • PT POS INDONESIA merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kurir, logistik dan transaksi keuangan. PT POS INDONESIA sudah menerapkan teknologi informasi sebagai salah satu cara untuk mencapai tujuan atau proses bisnis agar investasi yang telah dikeluarkan sebanding dengan tujuan yang akan di capai oleh PT POS INDONESIA. Oleh karena itu, penegakan IT Governance pada proses APO07 (Manage Human Resource) berdasarkan COBIT 5 menjadi suatu kebutuhan yang mendasar. Selama ini PT POS INDONESIA terus melakukan pengembangan di dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM) khususnya pada Divisi Perencanaan dan Pengembangan Teknologi Informasi, namun hal tersebut belum menjamin bahwa perusahaan sudah benar-benar menerapkan standar yang baku mulai dari proses perekrutan, pelatihan, pengembangan karir sampai masa akhir jabatan pada PT POS INDONESIA. Atas dasar tersebut, penulis melakukan audit proses APO07 (Manage Human Resource) untuk menilai sejauh mana proses pengelolaan sumber daya manusia (Manage Human Resource) yang selama ini berjalan pada pada PT POS INDONESIA dengan menggunakan framework COBIT 5. Dari hasil analisis APO07 (Manage Human Resource) PT. POS INDONESIA berada pada level 3.