Penetapan Harga Dalam Rangka Meningkatkan Volume Penjualan Di PT.Sinar Makmur Lestari Bandung
Daftar Isi:
- Harga memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan pembelian yang dilakukan oleh pembeli, selain itu, harga ikut mempengaruhi perilaku konsumen. Harga masih merupakan faktor yang paling penting untuk menentukan pangsa pasar dan profitabilitas perusahaan. Pada perusahaan kecil, penetapan harga biasanya dilakukan oleh manajemen puncak. Sedangkan pada perusahaan besar, penetapan harga dilakukan oleh manajer divisi dan manajer lini produk. Mengingat keadaan ekonomi yang tidak menentu, seringkali perusahaan mengalami kesulitan dalam melakukan penetapan harga. Untuk itu, perlu diambil kebijakan-kebijakan dalam penetapan harga, mengingat pengaruhnya terhadap volume penjualan. Adapun tujuan dilakukannya penelitian adalah 1). Untuk mengetahui penerapan penetapan harga yang dilakukan oleh para agen PT. Sinar Makmur Lestari, 2). Untuk mengetahui perkembangan volume penjualan para agen PT. Sinar Makmur Lestari dan 3). Untuk mengetahui pengaruh penetapan harga terhadap volume penjualan para agen pada PT. Sinar Makmur Lestari. Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran, keadaan, kondisi atau ciri-ciri suatu variabel, dalam penelitian ini digambarkan kondisi keputusan penetapan harga dan volume penjualan di PT. Sinar Makmur Lestari Bandung. Sedangkan penelitian verifikatif merupakan bentuk penelitian yang digunakan untuk menguji suatu hipotesis, pada penelitian ini hipotesis yang diuji berkaitan dengan pengaruh penetapan harga terhadap volume penjualan di PT. Sinar Makmur Lestari Bandung. Hasil kuantifikasi data yang dimasukkan dalam skala penetapan harga, yang dilaksanakan di PT. Sinar Makmur Lestari Bandung, hasilnya menunjukkan bahwa para agen PT. Sinar Makmur Lestari Bandung dalam melaksanakan kegiatan penetapan harga telah memiliki kriteria cukup baik dalam melaksanakan kegiatan penetapan harga untuk mengarahkan para pelanggan melakukan pembelian. Hasil penjualan para agen PT. Sinar Makmur Lestari Bandung dan keterangan pencapaian target para agen menunjukkan bahwa target yang ditetapkan PT. Sinar Makmur Lestari Bandung kepada para agennya tidak dapat dipenuhi oleh para agen. Namun demikian, dari hasil kuantifikasi data yang dimasukkan dalam skala volume penjualan di PT. Sinar Makmur Lestari Bandung, hasilnya menunjukkan bahwa PT. Sinar Makmur Lestari Bandung dalam volume penjualannya telah memiliki kriteria baik dalam melaksanakan kegiatan penjualannya dengan mengarahkan para pelanggan melakukan pembelian. Selain itu, penetapan harga yang dilaksanakan di PT. Sinar Makmur Lestari Bandung telah memberikan peningkatan pada volume penjualannya yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan di antara penetapan harga dengan volume penjualannya. Hal ini menunjukkan bahwa penetapan harga dapat diandalkan untuk memprediksi volume penjualan para agen.