Daftar Isi:
  • Di era globalisasi ini, perusahaan mengalami persaingan yang ketat dari perusahaan yang sejenis dalam menjual produknya kepada konsumen. Oleh karena itu, kegiatan pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya dan juga untuk mengembangkan perusahaan. Salah satu strategi pemasaran yang digunakan perusahaan adalah dengan program promosi penjualan dimana perusahaan dapat meningkatkan penjualannya dengan lebih besar dan lebih cepat dengan menawarkan insentif yang meliputi pemberian diskon, hadiah, paket harga, dan test drive. Hal ini dilakukan perusahaan dengan harapan perusahaan dapat menumbuhkan minat beli konsumen terhadap produk yang dihasilkannya. Dalam penelitian ini, penulis menyebarkan kuesioner kepada 50 responden. Pengujian hipotesa dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu mencari koefisien korelasi rank spearman, koefisien determinasi, dan uji hipotesa. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, didapat hasil bahwa pengaruh antara promosi penjualan yang dijalankan perusahaan dengan minat beli konsumen memiliki korelasi yang positif, dan searah yaitu sebesar 0,998. Dan dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 98,9 % yang berarti kontribusi atau pengaruh promosi penjualan terhadap pertumbuhan minat beli konsumen termasuk dalam kategori kuat dan sisanya sebesar 1,1 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.