Analysis of the Use of Doublespeak in Clinique Advertisements
Daftar Isi:
- Dalam tugas akhir ini saya membahas tentang doublespeak yang sering ditemui dalam komunikasi publik. Komunikasi publik merupakan jenis komunikasi satu arah di mana satu pihak menyampaikan informasi dan pihak yang lain hanya menerima informasi tersebut. Dalam tugas akhir ini, saya mengidentifikasi jenis doublespeak yang ditemukan dalam iklan Clinique serta membahas maksud sebenarnya di balik doublespeak yang ada. Doublespeak merupakan bagian dari Pragmatik yang dapat membuat yang hal buruk terlihat baik, hal-hal yang kurang menyenangkan terlihat dapat ditolerir, dan seterusnya. Hal ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk menyesatkan lawan bicara. Dalam iklan, doublespeak dapat ditemui dalam berbagai jenis, yaitu weasel word, parity claim, unfinished word dan up-to claim. Pada hakikatnya tujuan dari doublespeak dalam iklan adalah untuk menarik perhatian pembaca, menjadikan produk yang ditawarkan tampak menjanjikan, dan mengarahkan pembaca untuk mengintepretasikan iklan tersebut secara positif. Dalam tugas akhir ini, saya menemukan dua jenis doublespeak yang paling dominan digunakan dalam iklan Clinique, yaitu weasel word dan unfinished word.