Daftar Isi:
  • Pada masa era globalisasi saat ini, agar dapat bertahan dan menonjol di dunia bisnis yang ditekuninya perusahaan dituntut untuk mengelola kegiatan usahanya sebaik mungkin. Penjualan merupakan salah satu kegiatan yang perlu mendapatkan perhatian manajer. Pengelolaan penjualan yang baik mencerminkan bahwa penjualan dilaksanakan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan, sehingga pelaksanaan kegiatan penjualan perusahaan dapat dilakukan secara efektif. Salah satu sarana yang dapat dipergunakan untuk membantu manajer mengevaluasi efektivitas pengelolaan operasi penjualan dari suatu perusahaan adalah audit operasional. Audit operasional memfokuskan penilaiannya pada efisiensi dan efektivitas operasi suatu entitas. Berdasarkan masalah di atas, penulis mencoba untuk melakukan penelitian pada PT. Dirgantara Indonesia di Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan audit operasional yang diterapkan dalam perusahaan dan untuk mengetahui peranan audit operasional dalam menunjang efektivitas penjualan. Penelitian ini berbentuk studi kasus dengan menggunakan metode analisis dekriptif, melalui studi pustaka dan studi lapangan antara lain yang berupa pengisian kuesioner, wawancara, dan observasi langsung terhadap objek yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis menyimpulkan bahwa audit operasional pada PT. Dirgantara Indonesia berperan dalam menunjang efektivitas penjualan.