Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah, pertama, untuk mengetahui bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan, dan kedua adalah untuk secara empiris menguji besarnya pengaruh pengungkapan CSR terhadap agresivitas pajak perusahaan. Pengungkapan CSR sebagai variabel independen diukur menggunakan Indeks Pengungkapan CSR, sedangkan agresivitas pajak sebagai variabel dependen diukur menggunakan Tarif Pajak Efektif (Effective Tax Rate). Sampel yang digunakan adalah laporan tahunan, laporan keuangan, dan laporan keberlanjutan perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2014. Sampel diambil dengan cara purposive sampling dan pengujian dilakukan dengan metode regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bentuk CSR yang dilakukan perusahaan mencakup kategori ekonomi, lingkungan, dan sosial. Lalu, hasil dari regresi menunjukkan bahwa pengaruh pengungkapan CSR berbanding terbalik dengan agresivitas pajak, dimana semakin tinggi tingkat pengungkapan CSR suatu perusahaan, maka semakin rendah agresivitas pajaknya.