Daftar Isi:
  • Dengan perkembangan pola ekonomi yang selalu berubah, seringkali mempengaruhi trend bisnis yang terjadi, dimana kini para pelaku bisnis tidak menjual produk (barang) saja, melainkan disertai dengan jasa. Salah satu bidang usaha jasa yang beberapa tahun ini berkembang cukup pesat adalah usaha di bidang makanan karena tidak terlalu dipengaruhi oleh perubahan ekonomi. Keadaan ini membuka peluang bagi pebisnis yang tertarik dalam bidang jasa makanan untuk menyediakan tempat yang khusus dan memadai serta memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen. Ilalang Restaurant and Coffee Shop merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa khususnya jasa makanan. Ilalang Restaurant and Coffee Shop ini selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang berkualitas agar konsumennya mendapatkan kepuasan. Dimensi yang digunakan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan ini adalah bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, empati dan jaminan. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan pendekatan survey konsumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode pengambilan sampel secara acak sederhana (simple random sampling), dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 50 orang responden. Untuk mempermudah pengolahan data, maka penulis menggunakan metode korelasi Rank Spearman dimana kualitas pelayanan merupakan variabel x dan kepuasan pelanggan merupakan variabel y. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Ilalang Restaurant and Coffee Shop dinilai sudah baik, maka kepuasan konsumen pun akan terpenuhi. Sedangkan dari hasil perhitungan didapat nilai rs = 0,88 hal ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan konsumen. Sedangkan dari perhitungan uji signifikan dengan tingkat � = 5% dan derajat bebas = 48 maka diperoleh thitung � ttabel yaitu 12,8734 > 1,6772. . Hal ini menunjukkan bahwa Hi yang menyatakan ada pengaruh antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen diterima.Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dapat dilihat berdasarkan perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 77,44% dan sisanya sebesar 22,56% dipengaruhi faktor yang lainnya.