Daftar Isi:
  • Industri transportasi merupakan industri yang sangat diperlukan bagi pembangunan ekonomi, perkembangan masyarakat serta pertumbuhan industrialisasi. Kereta api Parahyangan adalah objek penelitian yang digunakan dalam permasalahan ini, dimana PT. Kereta Api merupakan perusahaan jasa yang memberikan jasa transportasi kepada konsumen. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bauran pemasaran yang dilakukan oleh PT. Kereta Api dan tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran tersebut, serta untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran PT. Kereta api terhadap keputusan pengguna jasa, maka untuk penelitian ini digunakan metode survei. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui kuesioner, wawancara, observasi dan penelitian kepustakaan. Pada dasarnya ada tujuh variabel bauran pemasaran jasa yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi keputusan pengguna jasa agar menggunakan kereta api eksekutif Parahyangan yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Informasi dan data yang diperoleh dari hasil kuesioner tersebut dianalisa dengan menggunakan metode statistik yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran (variabel X) terhadap keputusan pengguna jasa (variabel Y). Adapun pengujian hipotesis tersebut dilakukan dengan menggunakan uji statistik koefisien korelasi (rank spearman). Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan umum bahwa pelaksanaan bauran pemasaran yang dilakukan PT. Kereta api, telah ditanggapi dengan baik oleh pengguna jasa dan pelaksanaan bauran pemasaran tersebut berpengaruh cukup kuat dalam mempengaruhi pengguna jasa untuk menggunakan Kereta Api Eksekutif Parahyangan. Dari hasil penelitian ini saran yang dikemukakan adalah perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya dengan melakukan strategi bauran pemasaran yang lebih baik pada faktor-faktor bauran pemasaran yang kurang ditanggapi konsumen dengan baik seperti meningkatkan pelayanan kereta api dengan secara khusus memperhatikan keluhan pelanggan serta tetap mempertahankan faktor-faktor bauran pemasaran yang telah memperoleh tanggapan baik dari konsumen dalam rangka terus mempengaruhi pengguna jasa untuk menggunakan kereta api eksekutif Parahyangan.