Analisis Pengaruh Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Produk pada PT Nusatex
Daftar Isi:
- Perekonomian dewasa ini selalu dibayangi - bayangi oleh adanya resesi dan ketidakpastian yang mana telah menyebabkan kondisi pasar terus berubah dengan perubahan yang luar biasa. Hampir di seluruh dunia terjadi perubahan fundamental bukan saja di bidang perekonomian tetapi dalam bidang politik dan bidang lainnya Pada waktu yang sama perubahan sosial politik juga terjadi di Indonesia, dan hal ini membawa dampak bagi persaingan antar perusahaan di Indonesia. Untuk menghadapi persaingan dalam bisnis yang semakin ketat ini, perusahaan harus dapat meningkatkan pengelolaan sumber daya yang dimiliki serta dapat melihat berbagai kesempatan yang ada agar dapat mengatasi persaingan yang dihadapi. Perusahaan berusaha memberikan kepuasan yang maksimal kepada pelanggan dalam memasarkan produknya sesuai keinginan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang sebaik - baiknya kepada pelanggan di mana perusahaan akan memperoleh keuntungan melalui upaya menciptakan dan mempertahankan kepuasan pelanggan tersebut. Adapun penelitian ini dilakukan di PT NUSATEX dimana perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang garmen di daerah Majalaya Rancaekek sejak tahun 2001, sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penetapan harga dengan volume penjualan yang ditentukan oleh PT NUSATEX. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif verikatif dengan pendekatan survei ke lokasi penelitian yaitu pada PT NUSATEX Majalaya Rancaekek. Pecarian data yakni dengan menggunakan data – data dari perusahaan. Setelah mendapatkan data yang berupa angka dari perusahaan, langkah berikutnya yakni dengan membuat uji hipotesisnya. Kemudian menentukan alat ujinya yakni dengan menggunakan perhitungan statistik yang di oleh dengan program SPSS versi 12. Hasil perhitungan statistik mengenai koefesien korelasi dengan menggunakan metode Pearson, dimana dari hasil perhitungan diperoleh nilai korelasi sebesar 0,957 dimana hubungan antara tingkat harga dan penjualan kuat dan positif. Hasil pengujian hipotesis pertama terhadap koefisien korelasi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara tingkat harga dan penjualan. Sedangkan untuk nilai t hitung 6,598 dan t tabel 2,132, dimana dari perhitungan dapat dikatakan bahwa t hitung > t tabel , atau 6,598 > 2,132 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara pengaruh penetapan harga dengan volume penjualan yang ditentukan oleh perusahaan.