Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengenaan PPN dan PPnBM terhadap daya beli konsumen barang elektronika. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen barang elektronika yang berada di wilayah Jalan ABC Kota Bandung dengan menggunakan metode purposive sampling untuk penentuan sampel. Sampel yang diuji adalah konsumen pada toko elektronik di wilayah Jalan ABC Kota Bandung. Uji statistik yang digunakan adalah model regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Pajak Pertambahan Nilai (PPN) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel daya beli konsumen, sedangkan variabel Pajak Penjualan atas Barang Mewah memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap variabel daya beli konsumen. Secara simultan pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap daya beli konsumen.