Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan distributor makanan ringan yaitu PT. Popindo Gemilang Sejahtera. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan dilakukannya promosi penjualan, bagaimana kegiatan promosi tersebut dilakukan, bagaimana respon konsumen terhadap promosi penjualan yang dilakukan oleh perusahaan, dan untuk mengetahui terdapat tidaknya hubungan antara promosi penjualan dan minat beli konsumen. Metode penelian yang digunakan adalah deskriptif analisis yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, menyusun, dan menganalisis data yang diperoleh dari perusahaan yang diteliti. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa PT. Popindo Gemilang Sejahtera menggunakan dua jenis promosi penjualan yaitu pajangan dan demonstrasi di tempat pembelian dan percobaan gratis. Dan dalam penelitian ini penulis menyebarkan kuesioner untuk mengetahui terdapat tidaknya hubungan antara promosi penjualan dan minat beli konsumen dan hasilnya promosi penjualan hanya membawa pengaruh sebesar 15.18094921% (korelasi lemah) terhadap peningkatan minat beli konsumen dan sisanya yaitu 84.81905079% dipengaruhi oleh faktor lain diluar promosi penjualan. Dari hasil penelitian tersebut, penulis mencoba memberikan beberapa saran kepada PT. Popindo Gemilang Sejahtera agar lebih baik dan maksimal di masa mendatang. Menurut penulis, sebaiknya demonstrasi lebih sering dilakukan agar lebih menarik perhatian pengunjung, tersedia tempat duduk bagi pembeli yang ingin menyantap langsung di outlet tersebut sehingga pembeli merasa nyaman, sebaiknya outletnya banyak berada dekat dengan bioskop, dan juga agar pihak PT. Popindo Gemilang Sejahtera lebih kreatif lagi dalam memikirkan hal-hal lain yang dapat dilakukan untuk dapat menarik minat beli konsumen misalnya membuat iklan dan sebagainya.