Pengaruh Periklanan Di Surat Kabar Terhadap Volume Penjualan Di Butik Vladimir@ Bandung
Daftar Isi:
- Melihat perkembangan dunia pakaian dari tahun ke tahun yang berubahubah dan perkembangan mode yang berkembang dengan pesat, serta pakaian juga sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat tinggal, ini merupakan suatu peluang bisnis yang menguntungkan. ButikVladimir® yang merupakan salah satu butik yang mengkhususkan pada penjualan pakaian pria, berusaha bersaing dengan butik-butik sejenis lainnya yang banyak tersebar di kota Bandung. Untuk dapat memenangkan persaingan dan memperoleh pasar, maka diperlukan kegiatan pemasaran, yang salah satu diantaranya yaitu program periklanan melalui media surat kabar. Periklanan ini ditujukan untuk menginformasikan produk-produknya kepada konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode Deskritif dan Verifikatif, tipe penelitian ini adalah tipe penelitian korelasional dan kausalitas. Unit analisis penelitian ini adalah individual, yaitu para pelanggan butik Vladimir® yang membaca iklan di surat kabar Bandung GO’ERS. Program periklanan Butik Vladimir® di surat kabar ditinjau dari delapan aspek, yaitu: fleksibilitas, ketepan waktu peredaran surat kabar, liputan pasar surat kabar, penerimaan pembaca, kepercayaan pembaca, jangka waktu peredaran surat kabar, kualitas reproduksi surat kabar,dan penerusan audiens. Dari penelitian diketahui besarnya korelasi Pearson antara pelaksanaan periklanan di surat kabar dengan volume penjualan adalah 0.6434. Kemudian didapat besaran koefisien determinasi sebesar 41.39%, yang berarti bahwa sebesar 41.39% dari volume penjualan dipengaruhi oleh periklanan di surat kabar, dan sisanya sebesar 58.61% berarti bahwa volume penjualan dipengaruhi oleh variabel – variabel lain.