Analisis Penerapan Metode Target Costing dalam Penetapan Harga Jual dan Efisiensi Biaya Produksi pada Restoran Ribbone Steak House
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan target costing dapat dijadikan sebagai alat penentuan harga jual dan efisiensi biaya produksi. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder berupa biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead yang diperoleh langsung dari objek penelitian yaitu Restoran RIBBONE STEAK HOUSE. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penetapan harga jual perusahaan sebesar Rp 44.000/porsi terlalu tinggi karena biaya yang dikeluarkan perusahaan menurut target costing sebesar Rp 30.028/porsi. Hasil perbandingan total biaya yang dikeluarkan menurut perusahaan, dengan metode target costing, diketahui lebih efisien menggunakan metode target costing, dimana dengan menggunakan target costing perusahaan dapat memperoleh penghematan biaya bahan baku langsung sebesar Rp 727/porsi, tenaga kerja langsung diperoleh penghematan sebesar Rp 494/porsi dan biaya overhead pabrik diperoleh penghematan sebesar Rp 436/porsi. Untuk itu sebaiknya perusahaan menerapkan target costing karena dengan menggunakan target costing dapat membantu perusahaan mewujudkan tercapainya harga jual yang diharapkan dan dapat menekan biaya produksi agar lebih efisien.