Analisis Penerapan Target Costing dalam Penetapan Harga Jual dan Pengendalian Biaya Produksi pada CV. Carstensz
Daftar Isi:
- Pada kondisi perekonomian saat ini, barang-barang dari luar negeri seringkali menjadi pilihan alternatif konsumen karena harga yang ditawarkan lebih murah, atau kualitasnya lebih baik. Maka dari itu perusahaan harus mampu menghasilkan produk yang dapat bersaing secara harga maupun kualitas. Perusahaan dituntut untuk mencari alternatif dan mengambil keputusan yang tepat agar perusahaan dapat bertahan hidup, bersaing dan berkembang. Berkenaan dengan hal tersebut, maka penelitian ini mencoba untuk melakukan analisis penerapan target costing dalam penetapan harga jual dan pengendalian biaya produksi pada CV. Carstensz. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan menggunakan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode target costing perusahaan dapat mengendalikan biaya dengan menghemat Rp 2.090 per unit untuk memproduksi rompi drahrim dan Rp 3.665 per unit untuk memproduksi sarung pistol. Dengan demikian, laba perusahaan akan meningkat dibandingkan sebelumnya. Perusahaan juga dapat menetapkan harga jual yaitu sebesar 40% dari harga jual, tanpa mengurangi laba yang diinginkan.