Daftar Isi:
  • Perekonomian Indonesia pasca krisis yang semakin membaik dan stabil mengakibatkan investasi meningkat. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kepercayaan dari masyarakat untuk menyimpan dananya di bank. Hal ini secara langsung menimbulkan persaingan antar bank, terutama dalam mendapatkan nasabah dan meningkatkan loyalitasnya. Oleh karena itu setiap bank dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik agar kepuasan nasabah tercapai. Bank Lippo sebagai salah satu bank swasta nasional, sangat memperhatikan kepuasan dan kepercayaan nasabahnya. Oleh karena itu Bank Lippo sangat memperhatikan kualitas pelayanan jasa perbankan agar harapan dari nasabahnya dapat terpenuhi dan berakhir dengan meningkatnya loyalitas. Agar dasar uaraian diatas, maka dirasakan perlu untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh kualitas pelayanan jasa perbankan terhadap loyalitas nasabah Bank Lippo. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dimana data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden yang menjadi nasabah Bank Lippo. Data yang diperoleh lalu diolah dengan korelasi Rank Spearman dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian ini didapat perhitungan koefisien Rank Spearman sebesar 0,898 yang berarti adanya hubungan yang kuat menuju sempurna antara kualitas pelayanan jasa perbankan dan loyalitas nasabah. Sementara dari hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 80,64% terhadap loyalitras nasabah, sedangkan sisanya sebesar 19,36% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Hal tersebut diatas memberi gambaran bahwa kualitas pelayanan yang dilakukan Bank Lippo secara umum memiliki pengaruh yang cukup besar dalam terciptanya loyalitas nasabah.