Daftar Isi:
  • Industri jasa terutama penyedia jasa makanan yang saat ini sedang berkembang di kota Bandung yaitu Café, yang dapat dijumpai dan disebar hamper di setiap pelosok kota. Café yang tersebar terdapat kurang lebih 65 café dengan beragam pilihan yang ditawarkan kepada konsumen, sehingga konsumen memiliki pilihan yang semakin banyak. Café Halaman di jalan Taman Sari Bandung merupakan salah satu café yang turut menyemarakan persaingan dalam meraih pelanggan sasaran. Namun demikian, sampai saat ini pemilik Café Halaman merasa perlu untuk memberikan kualitas pelayanan secara konsisten yang lebih baik dari pesaingnya untuk dapat memuaskan konsumen dan memberika keunggulan yang kompetitif bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan yang telah diberikan oleh Café Halaman mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, tekniknya adalah melakukan survey langsung ke lapangan. Sampelnya adalah 70 orang responden yang berkunjung ke Café tersebut, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengimput data yang pokik. Penelitian ini dilakukan pada 14 Oktober 2005 sampai dengan 15 November 2005. Hasil penelitian menunjukan koefisien regresi dengan persamaan sebagai berikut: Y=4.495+0.27X1-0.43x2-1.22x3+0.63x4+0.00x5 menunjukan bahwa variable reliability, responsiveness, dan emphaty memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan yang memilik pengaruh yang signifikan adalah variable tangible dan anssurance, karena sig.>0.05 . Untuk mengetahui kekuatan hubungan dapat dilihat dari nilai korelasi yang dimiliki yang berada dibawah 0.5 adalah ( tangible 0.49, reliability 0.36, responsiveness 0.357, emphaty 0.477 ), jadi dapat dikatakan hubungannya lemah. Sedangkan variable anssuransce nilai koefisien yang dimiliki adalah sebesar 0.623, jadi dapat dikatakan hubungannya kuat.