Daftar Isi:
  • Produk adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh perusahaan. Salah satu bentuk dari produk adalah jasa. Jasa memiliki karakteristik Intangibility, Inseparability, Variability, dan Perishability. Warnet Digi Games adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang menawarkan pelayanan jasa internet. Semakin banyaknya warnet membuat warnet Digi Games harus selalu siap untuk bersaing, oleh kaerena itu warnet Digi Games harus selalu dapat memberikan pelayanan jasa yang berkualitas agar konsumen merasa puas dan memilih kembali warnet Digi Games tersebut. Maka mengingat hal itu, penulis melakukan penelitian tentang kualitas pelayanan (service quality/serqual). Warnet Digi Games harus mengetahui apa yang menjadi harapan para konsumennya dan juga apa kinerja yang dirasakan oleh konsumennya agar konsumen selalu merasa puas. Warnet Digi Games juga dapat mengetahui apa saja kualitas pelayanan yang harus diperbaiki, sehingga konsumen semakin puas dan kembali melakukan pembelian ulang di warnet Digi Games. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif. Pengambilan sampel dilakukan kepada 100 orang konsumen warnet Digi Games. Untuk mengukur harapan dan kinerja warnet Digi Games digunakan metode SERQUAL berupa instrumen yang dirancang berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu: tangibility, realibility, responsiveness, assurance, dan emphaty. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Uji statistiknya menggunakan korelasi spearman untuk mengetahui hubungan antara service quality dengan minat beli ulang di warnet Digi Games. Dengan menggunakan perhitungan koefisien korelasi Rank Spearman dihasilkan rs = +0,672. sedangkan dari perhitungan koefisien determinasi sebesar 45,16, dapat diketahui bahwa derajat kinerja kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan cukup kuat. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa pernyataan pengaruh antara kualitas pelayanan yang diberikan warnet Digi Games terhadap loyalitas konsumen dapat diterima.