Daftar Isi:
  • Dewasa ini kualitas telah menjadi dimensi kompetitif yang penting bagi perusahaan manufaktur maupun jasa. Ukuran yang esensial untuk suatu produk yang dikatakan berkualitas adalah jika suatu produk dengan performance yang baik dan harus memenuhi kriteria kepuasaan konsumen. Kualitas dalam dimensi produk maupun jasa sangat memegang peranan penting bagi keberadaan perusahaan di dunia industri. Penggolongan biaya kualitas ke dalam empat kategori yaitu biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal adalah sebagai perangkat bagi manajemen atau pihak lain untuk mempermudah melakukan analisis terhadap elemen-elemen biaya kualitas baik itu dari segi perilakunya maupun hubungan antar masing-masing elemen dari biaya tersebut serta pengaruhnya terhadap variabel lain di luar biaya kualitas, misalnya dengan tingkat produktivitas dan profitabilitas perusahaan. Penelitian ini membahas bagaimana pengaruh biaya kualitas terhadap profitabilitas, dengan menggunakan metode regresi sederhana pada program SPSS. Hasilnya Biaya Kualitas tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai sebesar -1.533 > -12.706.