Daftar Isi:
  • Dampak dari semakin ketatnya persaingan yang dihadapi dunia industri, maka setiap perusahaan dituntut untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Berbagai alternatif yang dapat dilakukan perusahaan dalam menghadapi persaingan ini, salah satunya adalah dengan menggunakan promosi melalui periklanan. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis melakukan penelitian mengenai pengaruh program periklanan terhadap minat beli konsumen pada PT EKSONINDO MULTI PRODUCT INDUSTRY, untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh program periklanan terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini mempunyai beberapa kelemahan antara lain, banyaknya pertanyaan yang membuat orang bingung, keterbatasan waktu responden dalam mengisi kuesioner, kurang sesuainya dengan pertanyaan, disebabkan kondisi perusahaan yang berbeda. Untuk mengetahui hasil korelasi antara program periklanan dengan minat beli konsumen, maka selanjutnya dilakukan uji hipotesa. Berdasarkan hasil pengujian melalui program SPSS 11.5, menunjukan koefisien korelasi spearman (rs) sebesar 0.313, maka H0 ditolak dan H1 dterima. Maka hasilnya adalah ada hubungan antara program perklanan dengan minat beli konsumen. Pengaruh antara program periklanan dengan minat beli konsumen, dapat dihitung juga dengan menggunakan rumus koefisien determinasi, didapat Kd = 9.8%. Dapat disimpulkan bahwa program periklanan memberikan pengaruh dalam meningkatkan minat beli konsumen meskipun sangat kecil.