Daftar Isi:
  • Dengan semakin meningkatnya jumlah pesaing dan selera konsumen yang selalu berubah-ubah. Konsumen menginginkan produk yang berkualitas. Di situasi persaingan ini konsumen cenderung selektif dan peka dalam pemilihan produk yang sejenis yang ditawarkan. Maka perusahaan harus selalu melakukan pengembangan atas produk yang dihasilkannya untuk dapat meningkatkan volume penjualan dan menghadapi persaingan yang semakin tajam. PT. Binausaha Cipta Prima merupakan perusahaan yang memproduksi kain jeans. Perusahaan ini selalu melakukan pengembangan produk agar kain yang diproduksinya dapat diterima oleh pasar dan sesuai trend yang ada sekarang. Selain melakukan pengembangan produk dengan memodifikasi kain yang sudah ada, juga menciptakan kain jeans jenis baru yang memiliki kualitas, warna, corak yang berbeda. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan Korelasi Spearman (rs) dan uji signifikan t. Dan berdasarkan hasil yang didapat, diketahui ada hubungan yang kuat antara pengembangan produk dengan volume penjualan. Selain itu berdasarkan hasil perhitungan dari t hitung dan t tabel dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara pengembangan produk dan volume penjualan. Oleh karena itu perusahaan perlu mempertahankan dan meningkatkan volume penjualan dengan selalu melakukan pengembangan produk agar dapat terus maju dan berkembang di masa yang akan datang serta mampu menjadi pelopor pasar.