Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada Penjualan Alat-alat Elektronik di PD. Scorpio
Daftar Isi:
- Sekarang ini perusahaan dihadapkan pada dua kenyataan yang sangat berbeda dan riskan bagi kelangsungan hidup perusahaan. Di satu pihak perusahaan mengalami penurunan permintaan dari konsumen di pihak lain terdapat peningkatan dari harga pokok produk dan hal ini menyebabkan harga menjadi tidak stabil. Strategi pemasaran merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Harga merupakan salah satu elemen penting dari strategi pemasaran dan elemen harga ini bersifat memasukkan pendapatan bagi perusahaan dan harga merupakan salah satu faktor yang membuat konsumen puas. Dengan menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas produk, dan nilai produk yang diberikan kepada konsumen diharapkan dapat memuaskan konsumen dan diharapkan konsumen menjadi setia terhadap produk yang dijual di perusahaan. Tujuan dari penelitian ini dan penyusunan skripsi ini adalah antara lain untuk memberikan informasi bagaimana caranya menetapkan harga yang sesuai terhadap produk dan memberikan kepuasan bagi konsumen. Penulis melakukan penelitian untuk penyusunan skripsi ini pada PD.SCORPIO, Pamanukan, untuk mengetahui berapa besar pengaruh penetapan harga yang ditetapkan oleh perusahaan terhadap kepuasan konsumen pada penjualan alat-alat elektronik di PD.SCORPIO. Hasil yang diperoleh dari analisis perhitungan statistik uji T adalah sebagai berikut : t hitung (9.13) lebih besar dibandingkan dengan t tabel (1.68). Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara pengaruh penetapan harga yang ditetapkan kepada konsumen terhadap kepuasan konsumen di PD.SCORPIO yang dibuktikan dengan hasil perhitungan koefisien korelasi dengan metode Pearson, di mana tingkat α = 0.05 dan jumlah sampel sebanyak n = 50, maka diperoleh rs sebesar 0.71. Sedangkan hasil perhitungan dari koefisien determinasi juga menunjukkan adanya pengaruh yang kuat antara pengaruh penetapan harga yang ditetapkan perusahaan terhadap kepuasan konsumen di PD.SCORPIO sebesar 50,41 %.