Hubungan Citra Merek dan Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Cafe & Resto The View, Bandung)
Daftar Isi:
- Adapun maksud dan tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengevaluasi langkah dari Café & Resto The View dalam menjaga dan mengembangkan citra mereknya, mengetahui tanggapan penilaian konsumen terhadap citra merek Café & Resto the View, Mengetahui minat beli konsumennya, dan untuk mengetahui informasi mengenai Hubungan Citra merek dari café & resto The View yang dapat berpengaruh pada Minat beli konsumennya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yaitu suatu metode yang berusaha mengumpulkan, menyajikan, serta menganalisis data secara sistematis sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas atas objek yang diteliti sehingga dapat dihasilkan kesimpulan yang tepat Teknik yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah pengumpulan data pimer yang dilakukan dengan menggunakan metode field research melalui wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 70 orang responden yang dianggap mewakili Café & Resto The View. Sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui literatur/library research. Dalam penelitian ini, analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu menggunakan Koefisien Korelasi Rank Spearman. Dari hasil penelitian dan pengolahan data dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman, dapat diketahui bahwa terdapat korelasi yang cenderung lemah antara Citra merek dengan minat beli, dengan r = 0.513. Dan dari hasil perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa pengaruh citra merek terhadap minat beli konsumen Café & Resto The View adalah sebesar 26.3 % dan siasanya sebesar 73.7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diukur. Dapat disimpulkan pengaruh citra merek tidak berpengaruh banyak akan minat beli konsumen dari Café & Resto The View. Langkah yang diambil Café & Resto The View untuk mengembangkan citra mereknya dengan cara melakukan perombakan perombakan dari segi bangunan, dan juga berkerja sama dengan jaringan – jaringan yang memberikan diskon. Langkah ini dapat dibilang cukup baik karena sampai saat ini Café & Resto The View masih dikenal oleh konsumennya. Aspek yang sudah mendapat nilai yang baik adalah Emotional Benefit, tingkat kualitas dan kemasan dan tingkat ketegantungan konsumen terhadap Café & Resto The View, maka aspek – aspek yang sudah baik dijaga dan dipertahankan. Menurut pengamatan penulis, tingkat harga yang murah adalah salah satu aspek citra merek yang dapat menarik minat konsumen. Faktor – faktor lain dan tidak diukur dalam penyusunan skripsi ini perlu diperhatikan juga