Analisis Peranan Biaya Distribusi Fisik Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Kerupuk Di Pabrik Sari-Sari, Garut
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Pabrik Sari-Sari, Garut. Hal yang diteliti adalah menyangkut peranan biaya distribusi fisik terhadap peningkatan volume penjualan yang dicapai perusahaan yang bersangkutan. Selain itu membahas usaha-usaha yang dilakukan perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan dan kegiatan distribusi fisik di perusahaan tersebut. Saluran distribusi adalah saluran yang digunakan oleh perusahaan untuk menyampaikan produk ke tangan konsumen akhir. Saluran distribusi yang baik dan tepat harus dapat diciptakan oleh perusahaan selaku produsen, agar produknya sampai ke tangan konsumen yang tepat dalam waktu dan jumlah yang tepat pula. Pada khususnya aktivitas distribusi fisik yang akan dibahas pada bagian ini, karena biaya yang diakibatkan aktivitas distribusi fisik diperkirakan dapat mempengaruhi peningkatan volume penjualan secara keseluruhan. Untuk mengetahui seberapa besar peranan biaya distribusi fisik terhadap peningkatan volume penjualan, dilakukan uji statistik berdasarkan data hasil penjualan dan biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk kegiatan distribusi fisik dari tahun 2000-2004. Analisis yang digunakan adalah analisis korelasi Pearson dan koefisien determinasi. Uji statistik yang dilakukan menunjukan r = 0.95 yang menunjukan bahwa adanya peranan atau pengaruh biaya distribusi fisik dengan volume penjualan adalah hubungan yang kuat dan searah, artinya jika variabel Y naik maka variabel X pun ikut naik. Sedangkan besarnya peranan distribusi fisik terhadap volume penjualan diteliti dengan koefisien determinasi yang besarnya adalah 90.25 % dan sisanya sebesar 9.75 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Pengujian hipotesis yang dilakukan menghasilkan thitung = 5.54 > ttabel =3.182 maka hipotesis awal (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya pengujian hipotesis yang bertujuan untuk membuktikan r (korelasi) yang diperoleh dari perhitungan sebelumnya menyatakan bahwa “terdapat peranan antara biaya distribusi fisik dengan peningkatan volume penjualan”