Peranan Personal Selling dalam Meningkatkan Penjualan Spare Part Mesin pada Toko Berkat Jaya Teknik Bandung
Daftar Isi:
- Pada masa sekarang ini persaingan dalam dunia usaha semakin ketat. Untuk itu setiap jenis usaha harus melakukan proses pemasaran yang efektif dan efisien serta tepat sasaran. Salah satu proses pemasaran adalah personal selling, personal selling merupakan salah satu faktor dalam usaha meningkatkan penjualan. Oleh karena itu untuk menghasilkan penjualan yang baik maka diperlukan sistim pemasaran yang benar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan personal selling dalam meningkatkan penjualan pada Berkat Jaya Teknik. Berkat Jaya Teknik adalah usaha yang bergerak dalam bidang manufaktur yang menjual aneka macam spare part mesin yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Metode yang digunakan terdiri dari analisi kualitatif dan kuantitatif. Untuk analisis kualitatif digunakan metode survey, dimana penulis membuat sejumlah kuesioner dengan menggunakan metode sampling untuk mengetahui pendapat responden mengenai kinerja peranan personal selling yang dilakukan. Sedangkan untuk analisis kuantitatif digunakan metode statistik yaitu analisis korelasi pearson, untuk mengetahui seberapa besar peranan personal selling dalam meningkatkan penjualan. Berdasarkan hasil perhitungan untuk tahun 2000-2005 diperoleh r = 0,85 yang berarti adanya hubungan korelasi yang cukup kuat dan searah antara biaya personal selling terhadap peningkatan penjualan. Sedangkan untuk koefisien determinasi diperoleh 72,25% yang menunjukkan seberapa besar hubungan antara biaya personal selling terhadap peningkatan penjualan dan untuk sisanya 27,75% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain.