Daftar Isi:
  • Dengan semakin berkembangnya suatu perusahaan, semakin bertambah masalah yang dihadapi perusahaan. Pimpinan sulit untuk mengawasi seluruh kegiatan perusahaan secara langsung, namun pimpinan tetap harus mengetahui keadaan perusahaan sehingga bila timbul masalah dapat segerea dicari penyebabnya. Manajemen memerlukan suatu alat untuk mengevaluasi kegiatannya dengan memberikan pemecahan bila ditemukan adanya kelemahan atau kecurangan, alat ini juga dapat memberikan rekomendasi agar suatu bagian berjalan dengan baik. Alat bantu tersebut adalah audit operasional, dengan dilakukan audit operasional pimpinan berharap dapat menunjang efektivitas pada bagian yang diaudit dalam hal ini bagian penjualan karena bagian penjualan merupakan bagian terpenting dari perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan audit Operasional dalam menunjang efektivitas kegiatan penjualan pada PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Variabel independen dalam penelitian ini adalah audit operasional, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah efektivitas kegiatan penjualan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh auditor internal yang bekerja di PT.Telekomunikasi Indonesia yang berjumlah 30 orang. Data diolah dengan menggunakan pengolahan analisis deskriprif, pengestimasian model regresi sederhana, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 19.0 for Windows.Hasil analisis menunjukkan audit Operasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas kegiatan penjualan sebesar 45% dan sisanya 55% dipengaruhi oleh faktor lain. Peranan audit operasional dalam menunjang efektivitas kegiatan penjualan pada PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk termasuk ke dalam kategori “Cukup Memadai”.